BELANJA


Terpecahkan Misteri Mayat Alexander Agung Enam Hari Tidak Membusuk


Alexander Agung (greece-is.com)


Jakarta, GATRA.com -- Setelah membingungkan para sejarawan, misteri kematian Alexander Agung akhirnya terpecahkan. Teori-teori sebelumnya menyimpulkan bahwa dia meninggal karena infeksi, alkoholisme, atau pembunuhan. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa ia menemui ajalnya karena gangguan neurologis Guillain-Barré Syndrome (GBS), yang dapat membuat penderitanya lumpuh. Demikian Dailymail, 29 Januari 2019.

Guillain Barre Syndrome atau biasa dikenal sebagai penyakit GBS adalah kondisi langka yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sistem saraf periferal. Kondisi ini mungkin membuat saraf meradang yang mengakibatkan kelumpuhan atau kelemahan otot jika tidak terobati secepatnya.

GBS menyerang sekitar satu dari 100.000 orang di Inggris dan Amerika. Gejala biasanya dimulai dengan sensasi kesemutan di kaki, yang dapat menyebar ke lengan dan tubuh bagian atas. Dalam kasus yang parah, orang tersebut dapat menjadi lumpuh. Kondisi ini dapat mengancam jiwa jika mempengaruhi pernapasan, tekanan darah, atau detak jantung seseorang.

Penyebab GBS tidak diketahui, tetapi biasanya terjadi setelah infeksi virus. National Health Service (NHS) Inggris menyatakan infeksi campylobacter telah diketahui memicu GBS. Tidak ada obatnya. Perawatan berfokus pada memulihkan sistem saraf.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam The Ancient History Bulletin, Dr Katherine Hall, seorang Dosen Senior di Sekolah Kedokteran Dunedin, mengatakan teori-teori sebelumnya tentang kematiannya pada 323 SM belum memuaskan karena mereka belum menjelaskan secara menyeluruh.

"Saya ingin merangsang debat dan diskusi baru dan mungkin menulis ulang buku-buku sejarah dengan menyatakan kematian Alexander yang sebenarnya enam hari lebih lambat dari yang diyakini selama ini," katanya. Kematiannya mungkin merupakan kasus pseudothanatos yang paling terkenal, atau diagnosis palsu kematian, yang pernah dicatat.

Hal ini diketahui lewat kelambatan pembusukan yang dilaporkan, pria berusia 32 tahun itu yang dikatakan menderita demam; sakit perut; kelumpuhan progresif, simetris. Hanya lima kisah yang nyaris utuh tentang kematiannya di Babel pada tahun 323 SM yang bertahan hingga hari ini.

Menurut salah satu catatan dari era Romawi, Alexander meninggal dan menitipkan kerajaannya kepada yang terkuat dari para jenderalnya. Dalam versi lain, ia meninggal tanpa bisa berkata-kata, koma, tanpa membuat rencana untuk suksesi. "Secara khusus, tidak ada yang memberikan jawaban yang mencakup semua yang memberikan penjelasan yang masuk akal dan layak untuk fakta yang direkam oleh satu sumber - tubuh Alexander gagal menunjukkan tanda-tanda pembusukan selama enam hari setelah kematiannya," kata Dr Hall.

“Orang-orang Yunani Kuno berpikir bahwa ini membuktikan bahwa Alexander adalah dewa; artikel ini adalah yang pertama memberikan jawaban di dunia nyata,” katanya. Dr Hall meyakini diagnosis GBS, yang dikontrak dari infeksi Campylobacter pylori (umum pada waktu itu dan penyebab yang sering terjadi pada GBS), bertahan dalam ujian ketelitian ilmiah, baik dari perspektif Klasik maupun medis.

Sebagian besar argumen seputar penyebab kematian Alexander berfokus pada demam dan sakit perutnya. Namun, Dr Hall mengatakan deskripsi tentang dia yang tersisa dari pikiran yang sehat hanya mendapat sedikit perhatian. Dia meneliti varian neuropati aksonal motorik akut GBS yang menghasilkan kelumpuhan. Kematiannya semakin diperumit oleh kesulitan dalam mendiagnosis kematian pada zaman kuno, yang lebih mengandalkan napas daripada denyut nadi.

Kesulitan-kesulitan ini, bersama dengan jenis kelumpuhan tubuhnya (paling sering disebabkan oleh GBS) dan kebutuhan oksigen yang menurun mengurangi penampakan (visibilitas) pernapasannya. Kemungkinan kegagalan autoregulasi suhu tubuhnya, dan pupil matanya menjadi kaku dan melebar. Jadi keterlambatan pembusukan tubuhnya tidak terjadi karena mukjizat, tetapi karena ia belum mati.

"Keanggunan diagnosis GBS untuk penyebab kematiannya adalah bahwa hal itu menjelaskan begitu banyak elemen yang berbeda, dan menjadikannya keseluruhan yang koheren," katanya.

Rohmat Haryadi


Selengkapnya : Klik Disini

Komentar