BELANJA


Mengungkap Cerita Mistis Pantai Karang Embe di Sukabumi




Kabupaten Sukabum – Wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidakhanya menyuguhkan panorama alam indah yang memanjakan pandangan mata juga tak sedikit menyimpan cerita misteri. Salah satunya Pantai Karang Embe. Daerah pesisir ini terletak di Kampung Ciseureuh, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

Lokasi ini berada di lintasan yang menuju Puncak Darma, salah satu destinasi di Geopark Ciletuh. Meski tak jarang dilewati wisatawan, namun pada umumnya mereka tak mengenal bahwa pantai yang satu ini menyimpan kisah misteri.

Aura adanya kehidupan dunia lain di lokasi ini, bisa dirasakan oleh setiap pengunjung. “Singgah di pantai ini, pengunjung bisa mencium aroma aroma Embe (Kambing),” Erik Krisnalan alias Doyok warga setempat.

Padahal di kurang lebih pesisir pantai itu tak ada satu pun terkesan adanya fauna ternak tersebut. Doyok mengaku aroma kambing itu telah ada sejak dia tetap kecil.

Kala itu Doyok tak jarang bermain di kurang lebih lokasi tersebut itu disebabkan karena pekerjaan ayahnya sebagai juru kuncen di Pantai Karang Embe. “Saking baunya, aroma itu pun melekat pada pakaian yang saya pakai, bahkan tercium hinggake rumah,” jelasnya.

Doyok berkisah, disebut Pantai Karang Embe, konon di jaman dulu sekawanan kambing liar yang menghuni hutan di Gunung Gedogan _sering turun ke kurang lebih pantai.

Hewan-hewan tersebut mencari rerumputan yang ada di dekat pantai. Sehabis kennyang merumput, kawanan kambing liar tu berjemur di hamparan batu karang dan di kurang lebih bibir pantai.

“Menjelang sore, barulah kambing-kambing itu kembali ke hutan. Sejak itulah warga menyebutnya Pantai Karang Embe. Terlebih lagi lantaran kehadiran fauna tersebut tetap tetap menyisakan aroma baunya di pantai,” ulas Doyok. (*)

Reporter : M Rizal Jalaludin
Editor : Agung S

Selengkapnya : Klik Sumber artikel ini Disini : Berita Sukabumi Terkini | Masaginews.com

Komentar