BELANJA


Misteri 'Rumah Hantu' di Sumedang Selatan, Menjamur Setelah Ada Proyek Jalan Tol


Rumah hantu (rumah tak berpenghuni) yang berada di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang 



Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina Miranti

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Tengah hari di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, pekan lalu, Rabu (19/9/2018), terasa terik dan berdebu.

Debu-debu yang berasal dari tanah merah di lokasi proyek pengerjaan Tol Cisumdawu terbawa angin sampai ke dekat permukiman warga.


Sekitar 200 meter dari permukiman warga di Desa Sirnamulya, sebuah rumah berdiri, sendirian.

Berdinding tripleks yang dicat kasar, atap rumah menggunakan seng yang sudah rusak di sana-sini.

Bagian dalamnya kosong, lantainya masih tanah, Atang (55), warga Desa Sirnamulya, yang siang itu kebetulan melintas, mengatakan, sejak dibangun beberapa bulan lalu, rumah itu memang selalu dibiarkan kosong.

"Pemiliknya tak tinggal di situ," ujarnya saat ditemui Tribun.

Atang mengatakan, rumah itu hanya "dihuni" manekin buntung yang disimpan di pinggir jendela, yang bila dilihat dari jauh tampak seperti orang yang sedang mengintip di jendela.

Rumah "jadi-jadian" itu, ujarnya, adalah satu dari sekian banyak "rumah hantu" yang dibangun di Desa Sirnamulya.

Lokasinya terpisah dan sebagian besar dibuat seadanya. Bangunan-bangunan itu disebut "rumah hantu" karena memang dibangun bukan dengan tujuan untuk dihuni. Sebagian besar bangunan dibiarkan begitu saja setelah selesai dibangun.

"Dibangunnya kilat, pakai bahan-bahan murah, kemudian dibiarkan saja da yang punyanya mah tinggal di tempat lain, di rumah betulan," ujar Atih (48), warga Desa Pamekaran yang sering melintas daerah Sirnamulya. (Seli Andina Miranti)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul 'Rumah Hantu' di Desa Sirnamulya Dibuat Bukan untuk Ditinggali, Ternyata untuk Ini,



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Misteri 'Rumah Hantu' di Sumedang Selatan, Menjamur Setelah Ada Proyek Jalan Tol, http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/28/misteri-rumah-hantu-di-sumedang-selatan-menjamur-setelah-ada-proyek-jalan-tol.

Editor: Hendra Gunawan




Selengkapnya : http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/28/misteri-rumah-hantu-di-sumedang-selatan-menjamur-setelah-ada-proyek-jalan-tol

Komentar