BELANJA


Misteri Kota Gaib Modern Wentira di Jalur Trans Sulawesi Tengah

                     
Tugu Wentira (wap.mi.baca.co.id)


OTOSIA.COM - Pernah mendengar nama Wentira? Jika belum, Wentira yang berada di jalur trans Sulawesi ini terkenal dengan sebutan 'Kota gaib Modern'.

Kisah-kisah misteri Wentira sudah sering terdengar di teluinga warga Sulawesi, khususnya warga Palu. Wentira ini tepatnya terletak di sebuah kebun kopi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Wentira ditandai dengan sebuh tugu berwarna kuning yang terletak tepat di samping jembatan jalur trans Sulawesi. Tugu bertuliskan Ngapa Uwentira yang berasal dari bahasa Kaili (bahasa asli suku Sulawesi Tengah) berarti Negara tak kasat mata.

Masyarakat setempat percaya, bahwa siapapun yang melewati jalur tersebut harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali. Atau jika lewat saat malam hari maka harus menyalakan lampu jauh (dim).

Tugu Wentira (wisatapalu.com)

Bahkan, pernah diceritakan bahwa sebuah mobil pernah tersesat saat melintas. Mobil itu tak kunjung tiba di ujung jembatan, tapi malah masuk ke sebuah kota modern.

Gedung-gedung pencakar langit, mobil-mobil mewah, serta fasilitas yang tak lazim mewahnya terlihat di kota gaib tersebut. Mobil yang tersesat itu lantas baru bisa keluar dari kota gaib itu beberapa hari kemudian.

Cerita lain soal Wentira yang paling dikenal adalah kisah Lin Vita Puspita, warga Sidera, Sigi, Sulawesi Tengah yang menikah dengan makhluk yang berasal dari Wentira. Suatu waktu Lin Vita hendak ke Palu dengan pamannya, Lin Vita justru masuk ke hutan yang dianggap sebagai kota Wentira.

Keanehan lain dari Wentira adalah banyaknya kiriman barang yang dikirim ke Wentira tapi tak bertuan. Konon, seseorang dari Wentira memesan mobil BMW i series berwarna kuning dengan memberikan alamat Wentira.

Pemesan itu adalah pria tua. Sales mobil pun tak melihat ada keanehan pada pria tersebut saat memesan. namun, setelah mobil tersebut diantar, ternyata tempat yang mereka datangi hanyalah hutan lebat.
 
Sumber https://www.otosia.com/berita/misteri-kota-ghaib-modern-wentira-di-jalur-trans-sulawesi-tengah.html

Komentar