BELANJA


6 Mitos di balik keindahan Gunung Rinjani

Berkas:Savanna Mt. Rinjani 5.JPG
gambar sumber : wikipedia
Siapa yang tidak mengakui Gunung Rinjani di Pulau Lombok mempunyai pesona memukau. Sepanjang perjalanan menuju Gunung Rinjani menyuguhkan keindahan alam yang membelalakkan mata bagai danau, gua, sampai  sumber mata air panas.

Tetapi tahukah anda bahwa gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini juga menyimpan misteri yang justru membikin keindahan alamnya penuh pesan magis. Tidak mengherankan bila pada akhirnya lahir mitos-mitos yang menyelimuti Gunung Rinjani.

Salah satu mitos tersebut merupakan Gunung Rinjani dipercaya sebagai sumber kekuatan dan inspirasi bagi masyarakat Lombok. Itu disebabkan itu disebabkan karena itulah mereka rutin menjaga Gunung Rinjani supaya masih lestari. Ini juga berlaku bagi siapa pun yang mendaki gunung tersebut, sebagai wujud rasa hormat dan menghargai alam dan kepercayaan masyarakat setempat.

1. Mitos di balik keindahan Danau Segara Anak.

Tak cuma keindahan pemandangan di puncak, Gunung Rinjani punya Danau Segara Anak yang populer. Konon danau ini menyimpan beberapa kekuatan serta misteri yang unik.

Danau Segara Anak ini dipercaya dapat memberikan satu peringatan supaya anda dapat memanfaatkan saat dengan baik. Masyarakat setempat percaya sehabis meninggalkan Danau Segara Anak, anda dapat mempunyai semangat baru.

Berbagai agenda budaya masyarakat setempat juga tak jarang dilaksanakan di Danau Segara Anak. Konon di danau berikut kediaman tokoh legenda bisa juga pewayangan Dewi Anjani, ibunda kera putih Hanoman, berkuasa meliputi seluruh Gunung Rinjani.

2. Mitos larangan berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif.

Sepanjang perjalanan, pendaki dilarang berkeluh kesah serta memikirkan faktor negatif. Konon, musibah bakal menimpa pendaki apabila terlalu tak jarang berpikiran buruk. Dalamwaktu di alam yang tetap terjaga ini, pendaki disarankan tetap berpikiran positif serta jangan mengeluh. Oleh itu disebabkan karena itu, rutin jagalah diri serta jangan berpikiran macam-macam saat/ketika mendaki Gunung Rinjani, ya.

3. Sosok Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani ini nyatanya mempunyai sosok 'penguasa' yang cantik yaitu Dewi Anjani. Sosok ini dipercaya sebagai ratu jin penjaga Gunung Rinjani. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tidak diizinkan ayahnya menikah dengan pria pilihannya. Itu disebabkan itu disebabkan karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Sehabis itu, Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa dunia mistik Gunung Rinjani.

Kisah Dewi Anjani ini hebat perhatian Febrian. Demi mencari pujaan hatinya, Adisty, si ganteng ini menjelajahi Gunung Rinjani. Dalam webseries terbarunya, Goresan Jejak 2, Febrian memelajari mitos Dewi Anjani dari orang lokal.

Bagi masyarakat Sasak Lombok, puncak Gunung Rinjani sebetulnya tidak terdaki itu disebabkan karena adalah istana Dewi Anjani. Oleh itu disebabkan karena itu, tempat tersebut tidak dapat disentuh oleh makhluk lain bagai manusia. Bagai apa kisah Febrian dalamwaktu di Gunung Rinjani? Yuk, kami simak dalam video inilah ini.
4. Aik Kalak, tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana.

Aik Kalak dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai air panas. Sumber mata air panas ini cocok sekali sebagai tempat istirahat bagi pendaki. Bagi masyarakat Gumi Sasak (Lombok) tempat ini konon dipercaya sebagai tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana. Sosok ini merupakan salah satu tokoh utama di pewayangan Lombok.

5. Goa Susu sebagai tempat menyempurnakan ilmu spiritual. 

Tak hanya danau dan sumber mata air, Gunung Rinjani juga mempunyai goa yang punya mitos unik. Di Goa Susu, konon hanya orang tertentu dengan hati bersih yang bisa bertapa di tempat ini. Jika ingin menggunakan ilmu spiritual untuk kepentingan jahat, orang tersebut bisa langsung mati di dalam goa. Keunikan di goa ini adalah masyarakat setempat menggantungkan kain-kain putih untuk menjaga keasrian Goa Susu.

6. Mitos larangan menginjakkan kaki di daerah tertentu

Gunung Rinjani memiliki beberapa tempat yang terkenal mistis dan penuh misteri. Konon, pendaki tidak boleh mengunjungi tempat-tempat tersebut. Hilang dan tewasnya pendaki sering dikaitkan oleh penduduk setempat karena mereka berusaha mengunjungi area terlarang tersebut. Oleh karena itu, sebelum mendaki, kamu harus memelajari dulu area terlarang dari masyarakat setempat.

Baca selengkapnya.....

Komentar