BELANJA


Misteri Malam Satu Suro, Ini Sebab Dianggap Angker dan Sakral!




TRIBUNJAMBI.COM – Sebenarnya sudah ada apa sih di malam satu suro?

Kenapa banyak orang menganggap malam satu Suro sakral dan penuh aura mistis?

Semenjak aku kecil sampai kini mitos malam satu suro sering terdengar di telinga manakala hari pergantian tahun baru islam itu tambah dekat.

Banyak kisah angker dan penuh mistis tentang malam satu suro, Dibawah ini ialah diantaranya:

Malam Satu Suro ialah Lebarannya Makhluk Gaib

Cerita ini tepat telah kerap terdengar di telinga kami, sebagian penduduk pada waktu kemudian mempercayai kalau malam 1 suro adalah lebaran buat makhluk gaib sehingga banyak diantara mereka yang keluar dari kandang persinggahan masing-masing.

Anehnya mitos ini kerap dikaitkan dengan adanya penampakan serta gangguan makhluk halus di malam itu. Entah darimana awal mitos ini timbul yang jelas mitos itu sampai sekarang masuk banyak diyakini.

Terlalu berlebihan kalau sudah ada yang percaya bahwa malam satu suro adalah malam paling jelek pada satu tahun. Bahkan sudah ada sejumlah orang yang menganggap bahwa di bulan suro ditemukan banyak sekali sial dan bencana yang hendak menimpa umat manusia.

Tidak heran kalau orang-orang jawa abangan pada era dahulu kerap menjauhi bermacam pesta upacara pada bulan ini tergolong pesta perkawinan dan hajatan lain.

Di lain sisi penduduk kejawen meyakini bahwa musibah dan bencana bisa ditolak dengan tips menjalankan ritual tertentu. Sebab itulah lalu diketahui sejumlah tradisi malam satu suro semisal ruwatan untuk buang sial.

Selengkapnya : Klik Disini

Komentar