BELANJA


Ini Hasil Investigasi Misteri Hilangnya Pesawat MH370




Hasil investigasi bertahun-tahun atas misteri hilangnya pesawat milik Malaysia Airlines (MAS) dengan nomor penerbangan MH370 telah rampung dan dibuka. Dengan laporan terbaru hasil investigasi itu, Pemerintah Malaysia memutuskan untuk tutup buku terhadap misteri hilangnya pesawat beserta awak dan penumpang MH370, empat tahun lalu.

Dikutip dari situs News.com.au, Senin (30/7), laporan Tim Investigasi Keselamatan itu terdiri dari 1.500 halaman dan mengungkapkan bahwa Pemerintah Malaysia tidak hendak mencari kesalahan individu.

1. Laporan investigasi dibuat delapan negara

Wilayah pencarian MH370 (Wikimedia/Andrew Heneen)

Dalam jumpa pers, Dr Kok Soo Chon yang bertanggung jawab terhadap pencarian mengungkapkan bahwa laporan itu tidak dibuat oleh otoritas Malaysia saja. "Ini hasil kerja sama delapan negara (termasuk Australia)," kata Kok Soo Chon. 

Menurut dia, para investigator pencarian akhirnya mencapai "konsensus" mengenai apa yang terjadi di akhir-akhir penerbangan pesawat MH370 pada 8 Maret 2014. 

Kala itu, pesawat MH370 hilang setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Pesawat membawa 227 penumpang dan 12 awak. Hingga kini, apa yang terjadi dengan pesawat itu masih menjadi misteri. 

Komentar