BELANJA


Ritual Gunung Kemukus (Kembali) Disorot Dunia



Dream - Destinasi wisata berupa makam kuno di Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah, kembali menjadi perbincangan dunia.

Destinasi ini memang terkenal dimanfaatkan tujuan negatif. Berdalih ziarah, para wisatawan yang datang memiliki niat terselubung untuk berzina.

Gunung Kemukus yang terkenal dengan ritual mesum untuk mencari kekayaan ini kembali menjadi sorotan dunia. Ini karena ritual ini kembali diperbincangkan media asing.

Adalah Ynaija.com, yang melansir artikel tentang ritual mesum di Gunung Kemukus dengan judul Understanding the Paradoxical Pon Festival of Indonesia.

Media itu melaporkan setiap malam Jumat Pon, orang-orang berdatangan ke lokasi yang terletak di Desa Pendem, Sumber Lawang itu. Mereka datang untuk menjalani ritual dengan pasangan tidak sah.

Disebutkan, peziarah melakukan ritual berhubungan badan agar mendapat keberuntungan di masa depan. Hebohnya lagi, agar keinginan terkabul, ritual harus dilakukan tujuh kali setiap 35 hari di Jumat Pon sepanjang tahun dengan orang yang sama saat pertama kali berhubungan.

Pasangan tak sah itu harus menyelesaikan siklus tersebut. Jika tidak, maka ritual tersebut dianggap tidak lengkap dan berujung kegagalan.

Tak hanya itu, laman Ynaija.com juga menyoroti prosesi ritual yang diawali dengan nyekar ke makam Pangeran Samudro. Peziarah akan berdoa dan memberikan persembahan menggunakan berbagai macam bunga di makam salah satu putra Raja Jawa itu.

Setelah itu, peziarah akan menyucikan diri di sebuah telaga bernama Sendang Ontrowulan sebelum melaksanakan puncak ritual.

Beberapa peziarah mengatakan mereka terang-terangan bilang ke pasangan sah masing-masing akan pergi ke Gunung Kemukus. Tetapi, sebagian besar tidak.
Baca selengkapnya.....

Komentar