BELANJA


Misteri di Kota Misterius, “Kota Maya” Uwentira, Sulawesi Tengah




Bagaimana kisah tentang kota Wentira seperti yang pernah dituturkan dalam ulasan terdahulu, dengan judul, Hi!  Ternyata Ada Kota Misterius, “Kota Maya” di Sulawesi Tengah? Inilah sebuah kota siluman yang ada dalam legenda mistis yang selalu dikisahkan sepeti dalam dunia nyata.

Berikut kisah nyata tentang kota Uwentira, yang  diangkat dari kisah cerita nyata Azizah seorang wanita tomboi dan ibunya yang tinggal di Biromaru KAB.SIGI yang sedang bepergian meninggalkan kota Palu untuk berangkat ke kota Poso.

Pada saat itu mereka berangkat dari kota Palu menuju kota Poso pada jam 10 malam. Di tengah perjalanan ibu Azizah ngantuk berat dan tak bisa lagi untuk menahan rasa ngantuknya.

 Ibu Azizah berkata pada Azizah “Ijah ane mamala mengelo tampa maturumo ruru kita, naroyo gagamo mataku hi eva domo mamala kutaha” yang artinya “Ijah kalau bisa kita cari tempat tidur saja dulu, mama sudah gantuk sekali ini sudah tidak bisa mama tahan”. Dan kebetulan pada saat itu Azizah sudah merasakan ngantuknya menjawab iye ma “iya ma”.

 Berselang 10 menit berjalan mengedarai motor mereka melihat sebuah Rumah Makan dan Tempat peristrahatan yang mewah di Kota yang begitu besar dan di diami oleh ribuan, bahkan jutaan penduduk.

Kemewahannya mengalahkan kemewahan Rumah Makan dan Tempat peristrahatan yang pernah di kunjunginya di kota Palu, dan besar kota itu seperti besar kota yang ada di luar negeri seperti Paris, tutur Azizah dan Ibunya.

Mereka berduapun heran dan bertanya-tanya dalam hati kota apakah ini ? Dengan memberanikan diri mereka menuju ke tempat peristrahatan itu kerana tidak tahan lagi ingin tidur.

Ketika mereka melangkahkan kaki menuju tempat peristrahatan tersebut Azizah di sapa oleh seorang aki-aki yang duduk di bawah pohon yang sangat besar (Pohon Nunu) dangan memakai pakaian yang sangat kotor.

“Anda dari mana  dan mau kemana, Nak?” tanya aki. 
Baca selengkapnya.....

Komentar