BELANJA


Misteri Uang Kuno Gambar Soekarno Berlafal Kun Fayakun - vivanews


VIVA.co.id – Profesi numismatis bisa juga kolektor valuta rupanya tetap tidak sedikit ditemui di Kota Semarang, Jawa Tengah. Tidak susah untuk mencari kehadiran orang dengan profesi ini, salah satunya di wilayah Kota Lama Semarang.

Salah satu numismatis yang kerap mangkal di wilayah berjuluk Little Netherland ini merupakan Teguh Gunawan. Saban harinya, ia membuka lapak sederhana di wilayah Taman Srigunting bisa juga dekat Gereja Belenduk. Wilayah itu saat ini dikenal dengan Pasar Seni Paguyuban Pedagang Barang Seni (Padangrani) Semarang.

Sebagai kolektor dan penjual uang kuno dalamwaktu 20 tahun, Teguh mempunyai beberapa tipe uang kuno dari uang kertas hinggauang logam, mulai uang kuno Indonesia, Belanda (VOC), China sampai-pada Jepang. Tipe dan tahunnya pun variatif, mulai uang benggol, sen sampai-pada uang golden.

"Paling tua saya tetap punya koleksi uang orisinil VOC tahun 1790. Itu kini jarang, itu dikarenakan saya beli dari beberapa daerah," kata Teguh terhadap VIVA co.id, Kamis, 14 September 2017.

Dari beberapa koleksi uang kuno itu, Teguh menyebut, ada beberapa uang kuno yang amatlah istimewa dan mempunyai kualitas investasi lumayan menggiurkan. Salah satunya merupakan uang kertas pecahan Rp1.000 bergambar Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Ia menyebut, uang itu mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding uang kuno lainnya. Dengan-cara fisik, uang kertas berwarna merah dan putih tersebut mempunyai foto Soekarno dan lambang Garuda dengan segi lain uang bergambar tujuh wanita penari Serimpi. Keistimewaan lain, ada tulisan Arab  berbunyi kun fayakun cocok di samping foto Soekarno.

Salah satu keistimewaannya uang kertas tersebut, Teguh mengklaim, dapat bergerak sendiri waktu diletakkan di telapak tangan. Menurut dia, argumen logis terkait kejadian uang tersebut belum terpecahkan sampai-pada kini.

Kendati demikian, ada pendapat yang menyebut bahwa uang bertulis huruf Arab itu dengan-cara metafisika sudah diisi energi eterik, yakni energi yang bereaksi terhadap panas tubuh yang dipengaruhi oleh fisik dan psikis seseorang. Reaksi ini berupa gerakan menjauhi panas tubuh melewati gerakan melengkung bisa juga menggulung waktu disentuh.

Sementara berdasarkan ilmu fisika, uang ini mengandung bahan yang memiliki sifat melawan bisa juga menjauhi panas, bagus panas tubuh maupun panas dari bahan lain bagai uap. "Sejarah uang Soekarno ini dahulunya terbukti uang edisi khusus belum pernah beredar di tahun 1964-1965. Cocok waktu tragedi 1965 pecah. Sehingga negara dahulumasih kacau, " katanya.

Teguh mengaku minat orang untuk mempunyai uang tipe itu amatlah banyak, terutama orang-orang yang meyakini adanya faktor mistik dalam uang kertas tersebut. Menurut dia, bila jatuh pada orang yang berniat jahat maka uang ini dapat disalahgunakan untuk hal-hal berbau mistis.

Jumlah valuta ajaib itu benar-benar langka. Ia mengaku cuma mempunyai empat lembar, yang berasal dari seorang kolektor. "Sepuluh tahun lalu saya beli dari kolektor. Tapi tidak sedikit pula yang ingin membeli sebagai prasyarat untuk bancakan (syukuran) rumah baru," ujar dia.text1
Baca selengkapnya.....

Komentar