BELANJA


Misteri Sumur Ajaib Belanda di Kota Lama Semarang

Misteri Sumur Ajaib Belanda di Kota Lama Semarang - VIVA.co.id www.viva.co.id/gaya.../956273-misteri-sumur-ajaib-belanda-di-kota-lama-semarang 14 jam yang lalu - VIVA.co.id – Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah menjadi peninggalan kolonial yang tak pernah habis untuk dijelajahi. Kawasan ... Gambar untuk sumur ajaib belanda semarang Hasil gambar untuk sumur ajaib belanda semarang 1 hari yang lalu Hasil gambar untuk sumur ajaib belanda semarang Hasil gambar untuk sumur ajaib belanda semarang Hasil gambar untuk sumur ajaib belanda semarang Hasil gambar untuk sumur ajaib belanda semarang Gambar lainnya untuk sumur ajaib belanda semarang Laporkan gambar LINE TODAY - Sejak jaman Belanda, air sumur ini ini tidak... | Facebook https://es-la.facebook.com/linetoday/posts/1440972189284802 Sejak jaman Belanda, air sumur ini ini tidak pernah kering... Misteri Sumur Ajaib Belanda di Kota Lama Semarang. VIVA.co.id – Kawasan Kota Lama Semarang, ... my blog: Sumur Ajaib yang Terlupakan dwiyantinurhidayati.blogspot.com/2015/06/sumur-ajaib-yang-terlupakan.html 16 Jun 2015 - Kota lama, adalah sebuah kawasan di Semarang yang dikenal dengan ... Konon ceritannya dulu waktu zaman penjajahan Belanda sumur itu ... Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini saat Berlibur - PortalKampung.com www.portalkampung.com/baca/6654-jangan-lakukan-7-kesalahan-ini-saat-berlibur 1 hari yang lalu - Misteri Sumur Ajaib Belanda di Kota Lama Semarang ... Kawasan yang akrab dijuluki Belanda Kecil atau Little Netherlands ini masih ... semarang | More Than Words https://kotaatlas.wordpress.com/tag/semarang/ 12 Des 2012 - Posts about semarang written by ShabaraWicak. ... Sumber Air “Ajaib” yang Terlupakan ... Jadi dulu waktu zaman penjajahan Belanda sumur itu dibuat untuk sumber air bagi tentara-tentara Belanda di kawasan tersebut ... Sunan Kudus simpan wasiat dan rahasia di sumur Banyu Panguripan ... https://www.merdeka.com/.../sunan-kudus-simpan-wasiat-dan-rahasia-di-sumur-bany... 6 Jul 2015 - Air dari sumur tersebut dipercaya dapat membuat awet muda. ... Mualaf Belanda temukan hakikat tuhan dalam agama Islam · Wanita cantik ... 15 Boneka dari Benang Ini Sempurnanya Seperti Binatang Asli ... merangkum.com/2017/09/15-boneka-dari-benang-ini...seperti.../14mr50917 4 jam yang lalu - Misteri Sumur Ajaib Belanda di Kota Lama Semarang · Merangkum Admin. by Merangkum Admin. 45 mins lalu 45 mins lalu. Selingan. 60. suara tahlil bergemuruh dari dalam sumur ajaib - Radar Indonesia News www.radarindonesianews.com › daerah 20 Mar 2013 - H.Nazori Cikuni (74) pemilik Sumur ajaib membenarkan adanya suara tahlil dari dalam sumur itu. Menurutny, beliau tidak keberatan jika ...

VIVA.co.id – Wilayah Kota Lama Semarang, Jawa Tengah berubah peninggalan kolonial yang tidak sempat habis untuk dijelajahi. Wilayah yang bersahabat dijuluki Belanda Kecil bisa juga Little Netherlands ini tetap menyimpan beberapa bangunan misterius, salah satunya kehadiran sumur ajaib.
Sumur tua peninggalan Belanda ini berada cocok di samping Gereja Immanuel bisa juga Gereja Blenduk. Tepatnya di segi terdekat dari Taman Srigunting. Bangunan sumur yang kecil itu diapit oleh sejumlah galeri pasar kuno membikin sumber air tua tersebut tidak begitu nampak.

Sepintas, kehadiran sumur kecil itu tidak terlalu istimewa. Namun, warga Semarang yang sudah tinggal lama bersahabat menyebutnya dengan sumur misterius serta ajaib. Sebab, sumber mata airnya tidak sempat habis mesikipun wilayah itu diterjang kemarau panjang.

Julukan sumur ajaib juga itu dikarenakan kedalaman sumur yang cuma empat meter, namun airnya tidak sempat membludak. Tiap kali air diambil dalam jumlah banyak, sumber air sumur pun tetap membeludak tanpa berkurang sedikitpun.

"Air sumur ini sampai-pada waktu ini sehingga langganan pemadam kebakaran. Bahkan sekali ngambil dapat 13 tangki, tapi tetap membeludak airnya," ucap Teguh Widodo, salah satu warga di wilayah Kota Lama, Rabu, 13 September 2017.

Pria yang juga membuka lapak di pasar seni di wilayah sumur itu pun mengaku air sumur tua tersebut juga dipercaya warga sanggup menyembuhkan penyakit. Biasanya, warga yang memanfaatkan air untuk penyembuhan datang waktu malam hari. Ada juga yang sengaja mandi di wilayah sumur.

"Dahulu waktu saya kecil, para pedagang Pasar Johar selalu  datang ke sini. Katanya mau mendapat berkat di sumur ajaib yang tidak sempat kering," kata pria yang juga seorang kolektor uang kuno itu.

Selain tidak sempat kering, sumur tua itu juga dipercaya menyimpan segi gaib tersendiri. Faktor itu pula yang sempat dilihat oleh Teguh yang biasa mangkal di wilayah tersebut.

"Saya sempat lihat waktu mobil tangki pemadam kebakaran mengambil air di sini. Kebetulan petugasnya berlaku tidak sopan serta seketika mobil pemadamnya macet. Itu tidak jarang terjadi," katanya.

Meski begitu, belum ada referensi sejarah yang lumayan jelas membahas kapan sumur tua peninggalan kolonial tersebut dibangun. Namun tidak sedikit yang percaya bahwa kehadiran sumur di tengah wilayah bekas pemukiman Belanda tersebut berubah urat nadi penghidupan warga kala itu.

Mujiono, warga lainnya mengaku, sejak puluhan tahun silam sumber mata air di dalam sumur tua lumayan menolong warga. Terlebih memasuki puncak kemarau bagai waktu ini.

"Saya kira usia sumur tua di sini hampir sama dengan bangunan Gereja Immanuel. Sebab, bapak saya dahulu juga ngangsu air di sini. Airnya jernih serta aman buat mandi serta mencuci baju. Terbukti wilayah Kota Lama merujuk peta ada ruang bawah tanah sampai-pada tembus laut. Cuma hinggawaktu ini belum ketemu dalam tanahnya," ucap dia.
Baca selengkapnya.....

Komentar