BELANJA


Iiih Seram, Inilah 5 Makhluk Gaib yang biasa Dipelihara Manusia



Riau24.com - Tidak dapat dipungkiri jika segelintir masyarakat tanah air masih sangat percaya dengan makhluk gaib, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempersekutu dirinya dengan makhluk gaib agar bisa mendapatkan kekayaan.

Dipercaya atau pun tidak, praktik-praktik seperti pesugihan dengan memelihara makhluk halus masih ada hingga sekarang. Entah itu di desa atau pun di kota, orang-orang dengan keyakinan nyeleneh ini tetap percaya kalau uang bisa didapatkan dengan memelihara makhluk ngeri itu meski dengan tumbal yang aneh-aneh. Inilah lima makhluk halus yang konon dipelihara orang Indonesia hingga sekarang, jangan ikutan-ikutan, lho!

1. Tuyul

Tuyul, merupakan salah satu mahluk halus yang dipercaya bisa membuat seseorang kaya mendadak. Wujud tuyul-tuyul beraneka ragam. Tubuhnya mirip anak kecil dengan kulit hitam legam dan berkepala gundul, ada yang putih seperti batu pualam matanya merah menyala hingga memiliki taring dan telinga mirip kelelawar.

Bagi orang yang kepepet, mencari pesugihan tuyul menjadi sebuah jawaban. Hal ini karena tuyul merupakan setan kecil yang senang mencuri uang. Jadi, para pemilik tuyul biasanya memanfaatkan setan kecil ini untuk memperkaya diri. Untuk mendapatkan tuyul pun sangat mudah.

Sang pemilik tuyul setiap hari selalu berperilaku layaknya manusia biasa. Dia juga memberi makan tuyul dan menggendong tuyul kemana pun dia pergi. Di beberapa wilayah pulau jawa sebenarnya banyak pawang tuyul.

2. Jenglot

Jenglot juga menjadi salah satu makhluk gaib yang bisa dipelihara oleh manusia. Konon, jenglot adalah mumi kecil berukuran 10 centimeter dengan bentuk mirip manusia. Adapun wajah jenglot ini menyerupai tengkorak dan memiliki banyak taring.

Pemilik jenglot percaya bahwa makhluk gaib ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal tertentu. Sang pemilik biasanya memberi makan jenglot berupa darah segar. Pada era modern ini, masih ada orang percaya bila jenglot bisa dilihat kasat mata.

Di daerah Jawa Timur misalnya, ada warga mengaku pernah melihat langsung jenglot hidup. Orang itu bilang bahwa ada sekitar delapan jenglot hidup di pinggir pantai wilayah Jember.

3. Buto ijo

Banyak orang juga percaya bila mahluk halus jenis buto ijo bisa dipelihara untuk memperkaya diri sendiri. Berbeda dengan tuyul yang doyan nyuri duit, buto ijo ini banyak dimanfaatkan untuk melanggengkan bisnis seseorang.

Setelah bernegosiasi dengan buto ijo, konon dia akan mengiringi langkah si pelaku kemanapun pergi. Saat pelaku bernegosiasi bisnis, mereka akan menggedor hati lawan bisnis untuk menyerahkan bisnisnya pada pelaku.

Saat kita berjualan rumah, mobil dan seterusnya mereka akan membantu mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Saat berjualan, maka pembeli akan dirayu si buto ijo untuk membeli di tempat kita. Alhasil, buto ijo menjadi salah satu mahluk gaib yang bisa mempercepat mendatangkan uang dan kekayaan materi dengan hebat.

4. Begu ganjang

Jika diterjemahkan secara sederhana, begu memiliki makna roh atau hantu. Sementara Gajang adalah panjang. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Begu Ganjang di zaman lampau sengaja dipelihara warga.

Konon, begu memiliki banyak jenis, Sombaon, Solobean, Silan, dan Begu Ganjang. Dari semua jenis hantu tersebut, Begu Ganjang adalah yang paling ditakuti. Hal itu dikarenakan kepercayaan masyarakat pada sosok begu ganjang yang konon dipelihara untuk niat membunuh atau mencelakakan orang lain.

Menurut legenda, makhluk mistis Begu Ganjang memang dipelihara warga. Namun, mereka digunakan sebagai penjaga pertanian dan perkebunan dari aksi pencurian. Tapi, banyak yang berpendapat jika sifat serakah manusia yang membuat makhluk legendaris itu mulai melenceng dari tugas awal.

Jika sebelumnya Begu Ganjang digunakan sebagai penjaga, lama kelamaan ia diperintahkan untuk membunuh, sama sepertihalnya santet. Namun, sebagai pemilik begu ganjang haruslah menyiapkan tumbal nyawa manusia sebagai kompensasi.

5. Siluman Buaya Putih

Dalam beberapa cerita masyarakat, siluman buaya putih bisa mengubah wujudnya menjadi gadis yang sangat cantik. Mereka biasanya meminta syarat-syarat kepada manusia yang hendak memeliharanya agar segala hal yang diinginkan terlaksana.

Buaya putih mungkin tidak terlalu umum jika dibandingkan dengan tuyul. Namun, mereka tetap bisa memberikan kekayaan atau keberuntungan yang besar kepada manusia yang memeliharanya. Apabila persyaratan antara siluman buaya putih dan manusia diingkari, mereka akan menuntut balas dengan cara yang mengerikan, kematian pun bisa terjadi.***

Kunjungi http://www.riau24.com/berita/baca/73557-iiih-seram-inilah-5-makhluk-gaib-yang-biasa-dipelihara-manusia/ Untuk lebih jelasnya artikel ini.

Komentar