BELANJA


Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak


Meskipun roman muka saya tak berubah ketika tiba di Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak, namun berada di cungkup makamnya sesungguhnya merupakan hal istimewa. Itu tentu tak lepas dari kesan yang melekat di pikiran tentang penggambaran sosok dan kiprah Sunan Kalijaga, sejak remaja hingga menjadi wali yang disegani.

Alamat: Desa Kadilangu, Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak. Lokasi GPS: -6.896602, 110.647747, Waze. Jam buka sepanjang waktu. Harga tiket masuk gratis, sumbangan diharapkan. Rujukan: Peta Wisata Demak, Tempat Wisata di Demak, Hotel di Demak.
Galeri (21 foto): 1.Makam Arya Penangsang, 2.Cungkup, 3.kaligrafi, 4.Tengara, 5.Pojok, 6.Lorong 7.Cungkup, 8.Mpu Supo, 9.KRAT Haryo Mertoningrat … s/d 21.Lorong Utama

Ketika masuk Kadilangu matahari sudah condong ke barat. Kasmudi (Budi Rentcar 0858 6572 5176) membawa kami ke halaman Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu di sisi timur makam. Rombongan besar peziarah biasanya masuk dari selatan, dekat kolam Segaran peninggalan Sunan Kalijaga.

Sedangkan di depan Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu yang bergaya Jawa itu area parkirnya kecil saja. Lorong beratap rapi yang menuju ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu berada persis di samping masjid. Lorong sepanjang 90 meter ini kemudian bertemu dengan lorong dari selatan yang panjangnya 160 meter dan kiri-kanannya dipenuhi kios pedagang.

Lorong berlantai keramik itu berlanjut 20 meter ke utara lalu belok kiri. Di kanan lorong setelah belokan itu ada pendopo tempat mengisi buku tamu dan memberi sumbangan, di kiri ada situs batu tempat duduk Sunan Kalijaga. Setelah 25 meter, lorong berbelok ke kanan dan gerbang Makam Sunan Kalijaga Kadilangu ada 20 meter di depan sana.
Baca selengkapnya.....

Komentar