BELANJA


Ini Tanda Titik Jalan Berhantu, Yang Selalu Jadi Lokasi Tabrakan Maut

ilustrasi

Riau24.com -Di beberapa jalan raya antar kota di Indonesia tak jarang ada tempat-tempat yang oleh masyarakat penggunanya disebut angker. Dikatakan berhantu itu dikarenakan di tempat-tempat tersebut tak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas yang kerap menelan korban jiwa. Keangkeran tempat-tempat sejenis itu dibekali pula dengan cerita-cerita bahwa ditempat itu ada penunggunya bagai jin, siluman, bisa juga hantu yang terbukti rutinmeminta tumbal (korban nyawa manusia).

Dikutip dari laman kompasiana, Tempat-tempat berhantu itu biasanya identik dengan wilayah di kurang lebih jembatan, tanjakan, pinggiran sungai bisa juga jurang dan tikungan tajam. Benarkah kecelakaan dikarenakanoleh adanya keinginan para lelembut bakal tumbal manusia?

Jembatan

Memasuki jembatan bisanya badan jalan ditinggikan dan terjadi penyempitan,di kiri-kanan jalan yang menyempit tadi biasanya tersedia jurang bibir sungai. Badan jalan yang ditinggikan dan menyempit tadi pasti tak bisa dilewati dengan kecepatan tinggi. Tetapi tak jarang kali pengemudi tak mengantisipasinya, umpama itu dikarenakan belum mengetahui jalan tersebut dengan baik. Pengemudi yang sedang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi lalu tiba-tiba berjumpa dengan jalan yang ditinggikan dan menyempit dipaksamengurangi kecepatan (mengerem) kendaraannya dengan-cara tiba-tiba.

Tindakan ini pasti bakal berpengaruh pada keseimbangan kendaraan, apabila pengemudi kaget bisa juga panik maka kala itulah kecelakaan bisa terjadi di dekat jembatan. Beruntung apabila jalan menuju dan keluar dari jembatan tadi berbentuk lurus, ada kalanya sebelum jembatan tadi ada tikungan dan turunan dan sehabis jembatan tadi tersedia pula tikungan dan tanjakan. Situasi jembatan bagai itu jelas berpotensi bisa memunculkan kecelakaan.

Tikungan dan tanjakan

Tikungan, terlebih apabila tikungannya tajam,sering memunculkan kecelakaan saat/ketika kendaraan di pacu terlalu tinggi jadi pengemudi tak sanggup mngendalikan kendaraan saat/ketika melewatinya. Jalan menanjak bisa juga menurun menuntut kondisi kendaraan yang baik, terutama rem. Rem blong merupakan salah satu yang tak jarang menyebabkan kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan yang tak sedikit tanjakan dan turunannya.

Selain kondisi jalan dan kondisi kendaraan, hal penyebab kecelakaan yang paling tak sedikit merupakan hal manusia, pengemudinya. Hal manusia antara lain: ceroboh, tak sabar, dan mengantuk. Jadi, sebetulnya kecelakaan lalu lintas dikarenakanoleh hal-hal alami biasa. Lalu mengapa tak jarang dikaitkan dengan jin, setan, bisa juga siluman penunggu jalan?

Kambing hitam kecerobohan

Misalkan, seorang pengemudi terjadi sesuatu kecelakaan, katakanlah penyebabnya itu dikarenakan dirinya mengantuk. Apabila dirinya berterus terang, maka dirinya bakal disalahkan,apa lagi apabila dirinya berterus terang bahwa penyebabnya itu dikarenakan dirinya kebut-kebutan di tempat yang salah.Bukan hanyaakan dipersalahkan, pengemudi yang terjadi sesuatu kecelakaan itu dikarenakan mengantuk dan itu dikarenakan ngebut yang tak cocok bakal dianggap bego dan tak lebih terampil mengemudi.

Siapa pun orangnya bakal menghindari penilaian bagai itu. Pengemudi upahan bisa-bisa bakal kehilangan pekerjaan apabila mengakui semakin terangkesalahan konyol dirinya. Satu-satunya dalih paling aman merupakan mengarang cerita tahayul bahwa kecelakaan itu terjadi itu dikarenakan dirinya tiba-tiba menonton ada nenek-nenek melintas di depannya,melihat cahaya menyilaukan yang tak jelas asalnya,atau menonton binatang menghadang ditengah jalan lalu lenyap dengan tiba-tiba, dan sebagainya. Cerita itu aman, itu dikarenakan tak ada yang bisa membuktikannya.

Jadi, hati-hati dan rutinjaga stamina waktu bakal mengemudi, terlebih untuk jarak jauh, merupakan petunjuk paling baik menguruangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Sumber : http://riau24.com/berita/baca/72500-ihseramini-tanda-titik-jalan-berhantu-yang-selalu-jadi-lokasi-tabrakan-maut/ 

Komentar