BELANJA


Jangan Buang Air Panas di Lubang Kamar Mandi. Seperti ini Penjelasannya



Kami sejak kecil diajarkan untuk tidak membuang air panas sembarang. Sebab, tidak hanya membahayakan mahluk ciptaan Tuhan yang lainnya , air panas bisa berpengaruh kepada lingkungan.

Apalagi membuang air panas dalam celah kamar mandi. Faktor ini amatlah tidak diperbolehkan.

Bahkan ada penjelasan khusus kenapa kami tidak diperbolehkan membuang air panas sembarangan itu dikarenakan bisa mengajak mahluk – mahluk jahat lainnya yang pada pada akhirnya menyebabkan faktor – faktor tidak terduga.

Diriwayatkan dalam hadis Zaid bin Arqam Radiyallahu ‘Anhu, serta selainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad (4/373), Ibnu Majah (296), Ibnu Hibban (1406), Al Hakim (1/187) serta selainnya bahwa Rasulullah ?, bersabda, “Sebenarnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh berbagai setan, pen), jadi bila salah seorang dari kalian bakal masuk kamar mandi, ucapkanlah, ‘Ya Allah, saya berlindung kepadamu dari setan laki-laki serta setan perempuan’.”

Lalu apa kaitannya jin bisa juga setan dengan buang air panas?

Menurut penjelasan berbagai ulama berbicara bahwa membuang air panas bisa mengganggu jin. Terbukti dalam Islam tidak ada dalil tegas yang merujuk pada larangan tersebut. Namun, faktor yang demikian terjadi pada kenyataannya.

Syaikhul Islam mengatakan, “Jin yang merasuk ke tubuh manusia, bisa terjadi itu dikarenakan tiga sebab. Pertama, itu dikarenakan jin ini menyukai orang yang dirinya rasuki. Jin merasukinya, supaya dirinya bisa merasa tenang dengannya. Kerasukan sejenis ini paling ringan serta palling gampang daripada yang lain.

Kedua, itu dikarenakan manusia mengganggu jin, umpama dengan mengencingi jin bisa juga menyiram air panas ke jin. Bisa juga membunuh salah satu jin, bisa juga bentuk gangguan lainnya. Ini tipe kerasukan paling berat, serta bahkan seringkali bisa menyebabkan terbunuhnya orang yang kerasukan.

Ketiga, kerasukan itu dikarenakan jin main-main. Layaknya anak-anak nakal yang suka ganggu orang lewat,” (Majmu’ Fatawa, 13/82).

Maka, Syaikhul Islam memerintahkan kami untuk berhati-hati saat/ketika membuang bisa juga menyiram air panas.

“Terkadang (dan ini tidak jarang terjadi pada sebagian orang) bahwa ada orang yang mengganggu jin bisa juga jin merasa manusia ini sengaja mengganggu mereka, dengan mengencingi jin bisa juga menyiram air panas, bisa juga membunuh mereka. Meskipun manusia sama sekali tidak mengetahuinya. Sementara jin juga ada yang dzalim serta bego persoalan aturan, jadi mereka membalas kesalahan yang dilakukan orang itu lebih kejam lagi,” (Majmu’ Fatawa, 19/40).

So, dari berbagai penjelasan para ulama ini kami alangkah baiknya wajib pintar – pintar dalam melakukan segala sesuatu apalagi berhubungan dengan air panas di kamar mandi. Mengingat, kamar mandi adalah tempar kotor yang bisa berubah rumah para jin jadi janganlah punya kebiasaan membuang air panas di kamar mandi.

Komentar